Tuesday 20 October 2015

Soal-Soal Bergambar Biologi SMA dan Kunci Jawabannya

1. Perhatikan gambar jamur berikut ini.












Jamur di atas merupakan jamur dari kelas ....
a. Oomycota 
b. Zygomycota
c. Ascomycota
d. Basidiomycota
e. Deuteromycota
2. Perhatikan gambar berikut ini.

















Zigot yang akan berkembang menjadi embrio merupakan hasil peleburan antara ...
a. 1 dan Z
b. 2 dan X
c. 2 dan Y
d. 3 dan X
e. 3 dan Y
3. Perhatikan gambar siklus hidup Aurelia aurita berikut.













Pada gambar di atas, E, F, A, dan C secara berurutan adalah ....
a. medusa, zigot, planula, dan strobila
b. medusa, planula, strobila, dan zigot
c. zigot, planula, medusa, dan strobila
d. medusa, zigot, strobila, dan planula
e. strobila, zigot, planula, dan medusa
4. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut ini.













Dari jaring-jaring makanan di atas, konsumen tingkat IV ditempati oleh ....
a. elang
b. tikus
c. ular
d. burung pemakan biji
e. belalang
5. Perhatikan gambar berikut.












Berdasarkan gambar di atas, X dan Y berturut-turut adalah ....
a. glikoprotein dan protein integral
b. glikoprotein dan protein perifer
c. glikoprotein dan glikolipid
d. glikoprotein dan lipid bilayer
e. glikoprotein dan protein carrier
6. Perhatikan gambar berikut.

















Pada gambar di atas secara berurutan nukleus, mitokondria, badan Golgi, dan membran plasma adalah ....
a. 7, 5, 3, dan 2
b. 7, 5, 2, dan 3
c. 1, 3, 4, dan 5
d. 3, 2, 7, dan 5
e. 1, 4, 6, dan 7
7. Perhatikan gambar jaringan daun berikut.
















Bagian yang berlabel nomor 2 berfungsi untuk ....
a. fotosintesis
b. penguapan
c. pertukaran udara
d. mengeluarkan CO2
e. mengatur pengeluaran zat/gas
8. Perhatikan gambar di bawah ini.















Struktur yang berperan pada pertukaran gas dan pembentukan jari-jari empulur adalah ....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 5
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
e. 3 dan 5
9. Perhatikan gambar sel dari jaringan berikut.













Pada gambar tersebut, dendrit, nukleus, akson, dan nodus Ranvier secara berturut-turut adalah ....
a. 7 - 2 - 3 - 4
b. 7 - 5 - 4 - 2
c. 7 - 2 - 4 - 5
d. 7 - 4 - 2 - 5
e. 7 - 5 - 2 - 4
10. Perhatikan gambar penampang tulang keras berikut.

Bagian yang mengandung saraf dan pembuluh darah adalah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
11. Perhatikan gambar tumbuhan paku berikut ini.




















Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan 4 adalah ....
a. daun dan rizoid
b. protalus dan rizoid
c. kapsul dan rizoid
d. kapsul dan talus
e. sorus dan akar
12. Lihat gambar berikut.







Gambar tersebut menunjukkan perkembangbiakan Spirogyra dengan cara ....
a. kariogami
b. konjugasi
c. plasmogami
d. fragmentasi
e. isogami
13. Perhatikan gambar lumut berikut.



















Bagian yang berlabel X berfungsi untuk ....
a. menghasilkan sperma
b. menghasilkan spora
c. menyerap makanan
d. mengangkut sari-sari makanan
e. menghasilkan makanan
14.  Berikut ini gambar beberapa bakteri penyebab penyakit pada manusia.















Bakteri penyebab penyakit TBC ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
15. Di antara hewan di bawah ini yang tingkat kekerabatannya paling jauh adalah ....














a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 1 dan 2
16. Perhatikan gambar ekosistem air tawar berikut.











Berdasarkan gambar tersebut, di daerah III terdapat komponen biotik ....
a. herbivor dan dekomposer
b. karnivor dan dekomposer
c. konsumen dan dekomposer
d. herbivor dan karnivor
e. produsen dan konsumen
17. Bagan jaring-jaring makanan.


















Jika manusia banyak membunuh ular dan harimau, maka akibatnya populasi ....
a. tikus meningkat, kambing menurun
b. tikus menurun, kambing menurun
c. tikus meningkat, kambing meningkat
d. kucing meningkat, tikus menurun
e. kucing menurun, tikus meningkat
18. Berdasarkan skema jaring-jaring makanan di bawah, apabila populasi udang berkurang atau punah akan mengakibatkan ....












a. fitoplankton berkurang
b. zooplankton berkurang
c. ikan kecil berkurang
d. bakteri saprofit bertambah
e. ikan besar bertambah
19. Perhatikan gambar di bawah ini.










Arah panah berarti ....
a. predator dan mangsa
b. aliran energi
c. menunjukkan rantai makanan
d. energi yang dibebaskan
e. energi yang digunakan
20. Perhatikan gambar pembagian daerah air tawar berikut ini.












Organisme yang hidup pada daerah II adalah ....
a. perifiton, nekton, dan bentos
b. plankton, perifiton, dan bentos
c. nekton, neuston, dan bentos
d. nekton, neuston, dan plankton
e. udang, cacing, dan plankton

Kunci Jawaban
1. B. Zygomycota
2. B. 2 dan X
3. A. medusa, zigot, planula, dan strobila
4. A. elang
5. A. glikoprotein dan protein integral
6. B. 7, 5, 2, dan 3
7. A. fotosintesis
8. B. 1 dan 5
9. B. 7 - 5 - 4 - 2
10. D. 4
11. C. kapsul dan rizoid
12. B. konjugasi
13. A. menghasilkan sperma
14. E. 5
15. D. 4
16. B. karnivor dan dekomposer
17. C. tikus meningkat, kambing meningkat
18. C. ikan kecil berkurang
19. B. aliran energi
20. D. udang, cacing, dan plankton

No comments: