Saturday 19 September 2015

BIOLOGI

Serba-Serbi Biologi

1. Menggigil
Menggigil diatur oleh serangkaian mekanisme sebagai berikut. Hipotalamus, di bagian bawah otak, merasakan suhu udara sangat dingin dan mengirimkan pesan-pesan ke kelenjar tiroid, kemudian memerintahkannya untuk mempercepat metabolisme. Setelah itu, otot-otot tubuh bergantian berkontraksi dan mengendur dengan cepat, sehingga menghasilkan panas. Saraf-saraf kita kemudian mengirimkan pesan-pesan ke kulit dan pori-pori kulit kita akan mengecil, untuk memastikan energi panas tetap berada dalam tubuh kita.
2. Sidik Jari
Sidik jari yang sama tidak akan pernah dimiliki oleh dua orang yang berbeda. Sidik jari adalah suatu pola yang dibentuk oleh alur-alur menonjol pada lapisan kulit di ujung buku jari-jari kita. Jika kita tempelkan tangan kita di atas wadah tinta, kemudian kita tekankan tangan kita di atas selembar kertas, maka kita dapat melihat sebagian pola sidik jari kita dengan jelas.
Bagaimana seseorang meninggalkan sidik jari pada suatu peristiwa kejahatan? Pori-pori kulit memproduksi minyak dan keringat, yang tersebarkan pada jari-jari tangan. Ketika seseorang menyentuh sesuatu, cairan-cairan tersebut tertinggal pada permukaan sesuatu tadi, dalam bentuk sidik jari.
3. Buta Warna
Buta warna adalah kelainan yang menyebabkan seseorang tidak dapat melihat atau membedakan warna-warna tertentu dengan semestinya. Tes buta warna telah tersedia dan dapat dilakukan dengan mudah untuk menguji kenormalan mata kita dalam mengenali warna-warna.
4. Penuaan
Semakin tua usia kita, maka penampilan kulit akan berubah, yaitu mengerut dan mengeriput. Sejalan dengan penuaan, serat-serat kolagen pada kulit kita akan melemah, sehingga menyebabkan kulit kita mengendur.
5. Perspirasi
Perspirasi atau pengeluaran peluh adalah cara kerja tubuh kita untuk mendinginkan dirinya. Cairan tubuh akan menguap apabila terdapat sejumlah panas di sekitar lokasi cairan itu berada. Ketika tubuh kita memanas, maka cairan dalam tubuh kita akan naik ke permukaan kulit dan menguap.
6. Kolesterol
Kolesterol adalah senyawa lemak yang ditemukan dalam darah dan beberapa makanan berlemak. Kolesterol dapat bertumpuk pada dinding arteri, sehingga menyebabkan penyempitan. Ini dapat menghambat peredaran darah dan menyebabkan penyumbatan.
7. Haus
Rasa haus yang kita alami dikendalikan oleh otak. Ketika tubuh kita membutuhkan lebih banyak air, maka kita akan mengalami rasa haus. Biasanya mulut dan kerongkongan kita akan terasa kering. Itu merupakan sebuah tanda bagi kita untuk minum lebih banyak cairan.
8. Lurus, Ikal, Keriting
Lurus, ikal, atau keritingnya rambut seseorang bergantung pada bentuk kantung rambutnya. Rambut lurus tumbuh dari kantung rambut yang bundar, sementara rambut ikal berasal dari kantung rambut oval, dan rambut keriting berasal dari kantung rambut yang rata.
9. Alergi
Alergi adalah kondisi apa pun yang menyebabkan seseorang bereaksi secara hipersensitif atau perilaku tak biasa, terhadap sembarang senyawa, benda-benda, atau perantara lainnya.
10. Saat Kita Bersin
Ketika kita bersin, maka titik-titik air akan berhamburan ke berbagai arah melalui mulut dan hidung. Titik-titik air itu mengandung berbagai mikroba yang berasal dari paru-paru. Inilah salah satu cara penyebaran penyakit flu.

No comments: