Friday 25 September 2015

Gerojogan Sewu

        

 Gerojogan Sewu adalah nama sebuah air terjun yang terdapat di Tawangmangu, suatu kawasan yang terletak di sebelah barat lereng Gunung Lawu.


         Gerojogan berarti air terjun, dan Sewu berarti seribu. Jadi Gerojogan Sewu berarti air terjun seribu. Kata sewu atau seribu melambangkan tinggi air terjun. Tinggi Gerojogan Sewu sekitar 81 m. Udara di Gerojogan Sewu sangat sejuk. Nuansa hijau mendominasi kawasan ini. Inilah yang membuat orang sangat betah dan ingin berlama-lama di sini.
         Gerojogan Sewu terdapat di suatu kawasan hutan wisata seluas 20 Ha yang sangat asyik dikunjungi. Banyak sekali berbagai jenis pohon yang tumbuh di sini.


Di sini juga dapat kita temukan kera-kera jinak yang lucu. Selain itu, kawasan ini juga dilengkapi banyak fasilitas, antara lain kolam renang, kios-kios buah, makanan, tempat beristirahat, cinderamata, MCK, bahkan sungai yang mengalir dari air terjunnya dapat digunakan untuk rafting. Bagi yang suka sate, di sini banyak sekali kita temukan sate kelinci dan sate ayam yang dapat dimakan dengan lontong.
         Untuk menjelajah hutan wisata lebih dalam lagi, dari gerojogannya ini kita dapat melewati jembatan. Jembatan ini mempunyai mitos yang sudah dipercaya masyarakat sejak dahulu. Konon kabarnya, jika ada pasangan yang belum menikah melewati jembatan tersebut, maka hubungannya akan berakhir tanpa suatu sebab. Karena hal inilah maka jembatan ini juga dinamakan "kreteg pegat". Kreteg artinya jembatan, pegat artinya pemisah. Jadi kreteg pegat artinya jembatan pemisah.


O iya....untuk menuju ke gerojogan, dari pintu depan kita harus menuruni tangga yang super wow banyaknya. Begitu pula saat kita pulang nanti, kita juga akan menaiki tangga yang super wow banyaknya itu. Pastinya badan kita akan terasa lelah, namun apalah arti lelah, jika kita dapat mendapatkan jiwa yang fresh luar biasa...hehehe....



Selamat berkunjung ke Gerojogan Sewu Tawangmangu ya...





No comments: