Friday 25 September 2015

TELAGA MADIRDO

TELAGA MADIRDO
 
Adem……sejuk…segar….itulah yang kami rasakan saat memasuki kawasan telaga ini. Air yang sangat jernih dinaungi banyak pepohonan yang green banget menambah kerasan berlama-lama di sini. Telaga Madirdo terletak tidak jauh dari gunung Lawu, tepatnya di Desa Berjo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Telaga ini letaknya tidak jauh dari air terjun Jumog.


Air telaga itu bersumber dari mata air di lereng Gunung Lawu. Telaga tersebut menjadi tumpuan kehidupan warga karena airnya yang tak pernah surut meski musim kemarau dan tak pernah penuh di saat musim penghujan.
Di sekeliling telaga, terdapat hutan pinus yang berada di bukit. Keberadaan hutan pinus ini cukup baik sebagai resapan air yang mengalirkanya kembali ke telaga. Selain untuk objek wisata, mandi, air telaga juga dimanfaatkan penduduk untuk budidaya ikan, dan irigasi.
Jenis tanaman yang berada di perbukitan sekitar Telaga Madirdo beragam, ada bambu, pinus, akasia, mangga, pisang, pakis dan berbagai jenis tanaman perdu, semak dan rumput. Selain itu jenis tanaman tahunan seperti cengkeh, kopi, tanaman pertanian dan berbagai tanaman sayuran juga bisa dijumpai di sekitar telaga.
Bener-bener kaki kita harus menapak sendiri di telaga nan indah ini.


No comments: